Jakarta, kedannews.com – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum dan mengerahkan 37 UMKM binaan untuk berpartisipasi dalam “Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023” di Lantai Rubanah (Basement) Gedung Sarinah Jakarta pada tanggal 26 – 29 Januari 2023 yang digelar Kementerian BUMN.
SEVP SDM dan Pendukung Bisnis Inalum Benny Alexander FD. Wiwoho menyampaikan, Inalum sejatinya menjalankan program tanggung jawab sosial yang fokus pada UMKM, pendidikan dan lingkungan.
Selain bantuan edukasi dan pendanaan, Inalum juga membantu pemasaran produk UMKM binaannya melalui berbagai ajang, misalnya kali ini melalui Bazar Untuk Indonesia.
“Sebagai bentuk kearifan lokal, Inalum turut mendukung kaum disabilitas salah satunya melalui kehadiran UMKM. Inalum terus mendorong UMKM agar dapat lebih berkembang sehingga mampu menyerap tenaga kerja sekitar dan mandiri. Dengan demikian, keberadaan Inalum senantiasa memberikan manfaat yang lebih berkelanjutan untuk masyarakat,” tutur Benny, Kamis (26/1).
Penyelenggaraan bazar di bulan Januari ini juga turut menjadi bagian dari rangkaian HUT Semen Indonesia dan Inalum.
Bazar ini menjadi salah satu upaya nyata Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas.
Seremonial pembukaan edisi perdana “Bazar UMKM untuk Indonesia” di Januari ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan UKM, Fixy, serta didampingi jajaran Direksi Inalum, Semen Indonesia, Semen Baturaja juga Sarinah.
“Penyelenggaraan Bazar UMKM bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik secara offline maupun online, sehingga produk dapat lebih dikenal serta mendorong terciptanya transaksi belanja sebagai bentuk konkret mendorong pemulihan ekonomi, utamanya pelaku UMKM,” ucap Loto dalam keterangannya, Kamis (26/1).
“Kegiatan ini juga sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan 25 tahun Kementerian BUMN yang tepatnya jatuh pada tanggal 13 April (mendatang), yang nantinya juga masih banyak lagi event-event yang menegaskan peran BUMN sebagai agent of development, termasuk dalam mendukung pengembangan UMKM Indonesia,” tambahnya.
Bazar yang akan berlangsung selama empat hari mendatang ini diikuti oleh 40 Exhibitor dari kategori Makanan & Minuman, 19 Exhibitor dari kategori Fesyen, 9 dari kategori produk kriya (Kerajinan) dan 1 Exhibitor dari kategori Kecantikan, yang merupakan mitra anak usaha SIG yaitu Semen Gresik, Solusi Bangun Indonesia dan Semen Baturaja, serta mitra Inalum.
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menambahkan, Bazar UMKM Untuk Indonesia sekaligus merupakan bagian dari komitmen Menteri BUMN Erick Thohir untuk menunjukkan peran BUMN dalam memajukan UMKM.
Setelah sebelumnya Kementerian BUMN bersama BUMN mencetuskan program marketplace PaDi UMKM www.padiumkm.id yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir, kini saatnya eksistensi UMKM ditingkatkan dalam bentuk pameran offline.
“Ini komitmennya Pak Erick, supaya UMKM bisa menjadi sedemikian besar dan bahwa BUMN punya ruang yang besar untuk membantu UMKM. Sampai beliau bikin kebijakan untuk pengadaan di bawah Rp14 miliar wajib memberikannya kepada UMKM. Itulah komitmen untuk pembelian produk dari UMKM,” ujar Arya.
Penulis: Zultaufik
Editor: Cut Riri
[embedyt] https://www.youtube.com/embed?listType=playlist&list=UUkDG6fUBeHFdkPSVpiEgJqQ&layout=gallery[/embedyt]