Medan, kedannews.com – Ada keunikan keterkaitan Organisasi dan Manajemen. Seperti halnya dalam organisasi harus memiliki manajemen yang baik agar proses organisasi tersebut tercapai optimal begitu juga halnya dalam manajemen harus membentuk organisasi agar proses manajemen tersebut tercapai sempurna.
Untuk dapat memahami Organisasi dan Manajemen, baik fungsi, proses maupun kinerja maka diperlukan pengetahuan umum. Seperti halnya memahaman definisi Organisasi Dan Manajemen.
Organisasi diambil dari bahasa Yunani ὄργανον, organon yaitu alat.
Menurut pengertian umum Organisasi merupakan wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan 3 sistematis, terpimpin, terkendali, terencana, rasional dalam memanfaatkan segala sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efisien dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi.
Menurut Para Ahli, Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
Sedangkan menurut James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sedangkan Manajemen secara etimologi berasal dari bahasa perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.”
Secara pengertian umum Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Menurut Para Ahli, Mary Parker follet definisi Manajemen berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan Menurut Para Ahli Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Dari pemahaman-pemahaman tersebut, Organisasi dan Manajemen didapat keunikan yang mana didalam Organisasi terdapat Proses Manajemen yaitu Pengaturan segala sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana.
Begitu juga didalam Manajemen terdapat Proses Organisasi yaitu suatu penyelesaian pekerjaan melalui orang lain adalah suatu bentuk organisasi karena melibatkan lebih dari satu orang untuk pencapaian tujuan yang optimal.
Penulis: Aris Harianto, SE., MM
Sumber: Wikipedia, Pengantar Manajemen (Amirullah, SE , MM)