Medan, kedannews.com – Manajemen memiliki berbagai macam sudut pandang dan persepsi untuk pengertian luas mari kita tinjau dari pemahaman-pemahaman para ahli di bidang ilmu manajemen dan pemahaman manajemen secara umum, karena dengan memahami Pengertian Manajemen sebagai langkah dasar keberhasilan.
Manajemen secara etimologi berasal dari bahasa perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.”
Dari pemahaman tersebut Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Jadi menuju suatu keberhasilan harus adanya pelaksanaan serta mengatur segala sesuatu agar tercapai. Tanpa pengatur yang baik sesuatu hal akan berakhir dengan tidak sempurna dan tidak tercapai sesuai yang diinginkan.
Secara pengertian umum Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Jadi penyelesaian pekerjaan adalah suatu keberhasilan, dengan diri melalui orang lain.
Dengan memahami tersebut, akan sadar perlunya memahami Pengertian Manajemen sebagai langkah dasar keberhasilan.
Menurut Para Ahli, Mary Parker follet definisi Manajemen berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan Menurut Para Ahli Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Menurut Harold Koontz dan Cyril O’donnel yaitu “MANAGEMENT is getting things done throught people. In bring about this coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizes, staffs, directs and controls the activities other people”.
Artinya: Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian.
Menurut George R. Terry (2009) yaitu “Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use human being and other resources”.
Artinya: manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan
untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Menurut James F. Stoner yaitu “management is the process of planning, organizing, leading and controlling the efforts of organization members and using all other organizational resources to active stated organizational goals”.
Artinya: Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Menurut Robbins dan Coulter (1999) mengartikan manajemen sebagai suatu proses mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
Menurut Plunket et al (2005) mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functionS (planning, organizing, stafing, leading and controlling) and coordinating various resources (information materials money and people)”.
Pencapaian tujuan akhir dengan efektif dan efisien adalah suatu keberhasilan. Dan semuanya harus diatur atau disebut di manajemen.
Sangatlah penting memahami Pengertian Manajemen karena didalamnya terdapat pemahaman dasar menuju kesuksesan. Karena sesuatu yang tidak di pola atau diatur pasti tujuan akhirnya banyak terjadi penyimpangan.
Penulis: Aris Harianto, SE., MM
Sumber: Wikipedia, Pengantar Manajemen (Amirullah, SE., MM)