Usai acara kepada wartawan, Zulfikar menggemukan menurut data faktual di beberapa negara maju trend surat kabar meningkat tirasnya dengan berkolaborasi media siber. Jadi siber jangan dianggap musuh atau saingan, melainkan mitra untuk menaikkan eksistensi koran. Sebab, di era digital, media cetal yang memiliki jaringan luas, akan semakin eksis dan survive.
Di sinilah titik krusial itu ujarnya, kalau pemilik dan pekerja koran masih tetap dalam persepsi lama, larut dalam ‘menara gading’ yang menganggap ada pen-strata-an media, dimana koran dianggap media nomor satu ‘an sich’, tentu koran dimaksud akan ambruk dilindas revolusi digital.
Kondisi koran akan semakin parah apabila pekerja terutama wartawan koran tidak mau menantang eksistensinya untuk cetak, malah sebaliknya ikut berbaris bersama, bahkan ada ikut di belakang praktisi atau wartawan yang bekerja di siber.
Banyak berita di koran sama dengan berita online, mulai angle berita maupun pemilihan judul. Bahkan banyak yang ‘copy paste’ berita online. Pekerja koran larut, menganggap media siber ibarat kantor berita, tinggal kutip saja, paling edit sedikit kata-katanya.
“Padahal, jika beritanya sama, apalagi mengutip dari media siber an-sich untuk apa orang harus membeli koran ? Sebab orang sudah bisa membaca dari media siber secara gratis, lebih cepat lagi. Koran jelas kalah cepat dengan online,” tegasnya menjawab wartawan.
Artinya, jika koran kualitasnya sama dengan media online, maka habislah riwayat koran itu. Orang tak akan lagi mencarinya. Namun orang akan tetap mencari koran apabila mampu menyajikan angle-angle yang tidak didapat di media online. Koran harus dibuat seperti itu.